WISATA BATIK GIRILOYO


INGIN WISATA DI KAMPUNG BATIK GIRILOYO....?

A. Pendahuluan
Batik tulis adalah suatu hasil karya yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Diberbagai wilayah Indonesia banyak ditemui sentra pengrajin batik, Setiap daerah juga mempunyai keunikan dan kekhasan tersendiri, baik dalam ragam hias maupun tata warnanya. Salah satu daerah itu adalah Kampung Batik Giriloyo. Giriloyo adalah sebuah dusun di wilayah Desa Wukirsari, kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak kurang lebih 17 Km arah selatan kota Yogyakarta . Di Dusun ini banyak pengrajin batik, apalagi pasca gempa bumi 27 mei 2006 banyak LSM yang peduli dan membina sehingga saat ini Giriloyo merupakan Kampung batik yang sangat potensial.
Batik tulis yang di produksi oleh para pengrajin di Giriloyo jika dicermati di dalamnya mengandung nilai-nilai yang pada gilirannya dapat dijadikan sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat pecinta batik. Nilai-nilai itu anara lain, kesakralan, keindahan/seni, ketekunan, ketelitian dan kesabaran. Nilai kesakralan tercermin dalam motif-motif tertentu yang hanya boleh di pakai oleh Sultan dan keluarganya, nilai keindahan tercermin dari motif ragam hiasnya yang dibuat sedemikian rupa sehingga memancarkan keindahan, sedangkan nilai ketekunan , ketelitian dan kesabaran tercermin dari proses pembuatannya yang cukup menyita waktu yang panjang dan lama untuk menghasilkan sebuah batik Tulis yang bagus dan menarik yan disukai oleh banyak orang.
Selain batik tulis ada beragam potensi wisata yan menjadikan Dusun Giriloyo menarik untuk dikunjungi diantaranya karena panorma alam yang cukup asri serta ada Makam Raja-raja Imogiri, Makam Keluarga Sultan Agung yang berada di puncak bukit serta wisata kuliner berbagai makanan tradisional seperti, Pecel Kembang Turi, Thiwul Ayu, Teh Gurahserta Wedang Uwuh yang merupakan minuman khas yang dibuat dari rempah-rempah yang memiliki aroma dan rasa yang sangat Istimewa.
Sedangkan wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat lain yang satu arah dengan Desa Wisata Giriloyo adalah: Melewati Pasar Seni Gabusan Bantul, Pusat Keramik/Gerabah Kasongan, dan pusat Kerajiana Kulit Manding serta Sentra Kerajinan Wayang kulit di Pucung dan pantai Parangtritis juga merupakan satu jalur ke arah Giriloyo.

B. Produk
Produk yang dihasilkan warga Dusun Giriloyo antara lain:
Kain Jarit tradisional
Kain Sarung Batik
Berbagai batik untuk Kemeja dan Blouse
Koas Batik
Sarung bantal Batik
Taplak meja
Sapu Tangan
Berbabagai batik pada kerajianan kayu
Korden Batik
Dan berbagai kerajian lain
Selian itu pengrajin juga menerima pesanan berbagai motif serta ukuran kain, saat ini juga mengerjakan berbagai pesanan dari Luar negeri.

Semua produk batik tulis tradisional mengunakan warna alami dan ada yang mengunakan sintetis.

C. Harga Paket Wisata

Paket 1 : Jelajah Desa (menikmati alam sekitar serta melihat pengrajin batik)
Fasilitas : Pemandu, Snack dan makan siang dengan menu khas DesaGiriloyo
Harga : Rp. 50.000,- / Peserta

Paket 2 : Jelajah Desa (menikmati alam sekitar serta melihat pengrajin batik)dan BELAJAR MEMBATIK
Fasiltas : Pemandu, Snack dan makan siang dengan menu khas Desa Giriloyo, belajar membatik pada kain ukuran kecil dan proses pewarnaan (Hasil dibawa pulang)
Harga : Rp. 100.000,- / Peserta

SEMUA PAKET MINIMAL DIIKUTI 10 ORANG.